Saturday, July 2, 2011

Penyebab TBC (Tuberkulosis)

Penyebab tbc (tuberkulosis) adalah suatu bakteri yang dikenal dengan Mycobacterium tuberculosis, dimana bakteri ini menyebar dari orang ke orang melalui tetesan mikroskopis dilepaskan ke udara. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang batuk, berbicara, bersin, meludah, tertawa bahkan bernyanyi. Walaupun tbc menular jauh lebih mungkin untuk terinfeksi tuberkulosis dari seseorang yang hidup dengan atau bekerja dengan mereka yang rentan terhadap penyebab penyakit tbc. Kebanyakan orang dengan tbc aktif yang telah memiliki perawatan obat yang tepat untuk setidaknya dua minggu biasanya tidak lagi menular.

Hubungan Penyebab TBC dengan HIV dan Resistensi Obat

Sejak 1980-an, jumlah kasus tbc telah meningkat secara dramatis karena penyebaran HIV, virus penyebab AIDS. TBC dan HIV memiliki hubungan yang mematikan, infeksi HIV menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga sulit bagi tubuh untuk mengendalikan bakteri penyebab tbc. Akibatnya, orang dengan HIV berkali-kali lebih mungkin untuk terinfeksi tbc dan untuk peralihan dari tbc laten menjadi penyakit aktif lebih rentan bagi orang-orang HIV positif.

Alasan lain tuberkulosis masih merupakan pembunuh utama adalah peningkatan resistan obat terhadap bakteri. Sejak antibiotik yang pertama digunakan untuk melawan tuberkulosis 60 tahun yang lalu, kuman telah mengembangkan kemampuan untuk bertahan menyerang, dan kemampuan yang dilewatkan pada keturunannya. Strain yang resistan terhadap obat TB muncul ketika antibiotik gagal untuk membunuh semua bakteri. Bakteri yang masih hidup menjadi resisten terhadap obat tertentu terutama antibiotik.

Bagaimana tbc terjadi? Untuk menjelaskannya dapat dimulai dengan partikel menular mencapai alveoli (struktur kecil di ruang udara di paru-paru), kemudian sel lain yang disebut makrofag menelan bakteri TB. Setelah itu bakteri di transmisikan ke sistem limfatik dan aliran darah dan menyebar ke organ lain terjadi. Bakteri berkembang biak lebih lanjut pada organ-organ yang memiliki tekanan oksigen yang tinggi, seperti lobus atas paru-paru, ginjal, sumsum tulang, otak dan sumsum tulang belakang.

Penyebab tbc sangat erat kaitannya dengan HIV, resistensi obat dan mekanisme terjadinya. Sebab ini berhubungan untuk mendiagnosis secara pasti penyebab penyakit tbc. Faktor resiko yang berkaitan dengan penyebab tbc selain HIV dan resistensi obat antara lain status sosial ekonomi rendah, alkoholisme, tunawisma, penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Sumber : http://turunberatbadan.com/1675/penyebab-tbc-tuberkulosis/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP