Monday, September 19, 2011

Penyesuaian Pasien-Pasien Dan Keluarganya Pada Kanker Pankreas

Dignosis kanker pankreas dapat merubah kehidupan-kehidupan pasien-pasien kanker dan orang-orang yang peduli pada mereka. Perubahan-perubahan dalam kehidupan sehari-hari ini dapat menjadi sulit untuk ditangani. Adalah alami untuk pasien-pasien dan keluarga-keluarga dan teman-teman mereka mempunyai banyak emosi-emosi yang berbeda dan adakalanya yang membingungkan.

Pada waktu-waktu, pasien-pasien dan mereka yang dicintai mungkin merasa ketakutan, marah, atau tertekan/depresi. Ini adalah reaksi-reaksi normal yang dipunyai orang-orang ketika berhadapan dengan suatu persoalan kesehatan yang serius. Yang lain-lain pada situasi yang sama telah menemukan bahwa mereka menangani emosi-emosi mereka lebih baik jika mereka dapat bicara secara terbuka tentang penyakit mereka dan perasaan-perasaan mereka dengan orang-orang yang peduli pada mereka. Berbagi perasaan-perasaan dengan yang dicintai dapat membantu setiap orang merasa lebih ringan, membuka jalan untuk yang lain-lainnya untuk menunjukkan kekhawatiran mereka dan menawarkan dukungan mereka. Banyak pasien-pasien menemukan bahwa itu membantu untuk berbicara dengan yang lainnya yang menemui persoalan-persoalan seperti mereka. Mereka dapat bertemu pasien-pasien kanker lain melalui kelompok-kelompok pendukung dan yang membantu diri sendiri seperti yang digambarkan pada seksi berikut.

Kekhawatiran-kekhawatiran tentang biaya-biaya tes-tes, perawatan-perawatan, opname-opname, dan obat-obat adalah umum. Berbicara dengan dokter-dokter, perawat-perawat, atau anggota-anggota lain dari regu pelayanan kesehatan mungkin membantu meredakan ketakutan-ketakutan dan mengilangkan kebingungan may help to calm fears and ease confusion.

Pasien-pasien dapat mengambil suatu bagian yang aktif dalam keputusan-keputusan tentang perawatan medis mereka dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tentang kanker pankreas dan pilihan-pilihan perawatan mereka. Pasien-pasien, keluarga, atau teman-teman seringkali menemukannya bermanfaat untuk mencatat pertanyaan-pertanyaan untuk ditanyakan pada dokter ketika terpikirkan oleh mereka. Membuat catatan-catatan selama kunjungan-kunjungan pada dokter membantu mereka mengingat apa yang telah dikatakan. Pasien-pasien harus meminta dokter untuk menjelaskan segalanya yang tidak jelas.

Pasien-pasien mempunyai banyak pertanyaan-pertanyaan penting, dan dokter mereka adalah orang yang terbaik untuk menjawabnya. Kebanyakan orang bertanya tentang luasnya kanker mereka, bagaimana itu dapat dirawat, dan berapa kemungkinan sukses perawatannya.

Pasien-pasien tentu saja khawatir tentang masa depan mereka dan mungkin mencoba menggunakan statistik-statistik yang mereka pernah dengar untuk menggambarkan masa depan mereka. Adalah penting untuk mengingat, bagaimanapun, bahwa statistik-statistik adalah rata-rata. Mereka berdasarkan pada pengalaman-pengalaman dari jumlah-jumlah pasien yang besar, dan tidak ada dua pasien kanker yang sama. Dokter yang merawat pasien dan mengetahui kasusnya adalah orang terbaik untuk mendiskusikan prognosis pasien.

Dokter dapat memberikan nasehat tentang perawatan, pekerjaan, atau aktivitas-aktivitas yang terbatas. Pasien-pasien juga mungkin menginginkan untuk mendiskusikan kekhawatiran-kekhawatiran mereka tentang masa depan, hubungan-hubungan keluarga, dan keuangan. Adalah sulit untuk berbicara pada dokter tentang perasaan-perasaan dan urusan-urusan sangat pribadi lainnya, mungkin membantu untuk berbicara dengan seorang perawat, pekerja sosial, penasihat, atau seorang anggota keagamaan.

Belajar hidup dengan perubahan-perubahan yang dibawa oleh kanker adalah lebih mudah untuk pasien-pasien dan orang-orang yang peduli pada mereka jika mereka mempunyai informasi yang sangat membantu dan pelayanan-pelayanan dukungan. Seringkali, kantor pelayanan sosial pada rumah sakit atau klinik dapat menyarankan para agen lokal dan nasional yang akan menolong dengan dukungan emosi, bantuan keuangan, transportasi, atau perawatan di rumah.

Sumber : http://www.totalkesehatananda.com/kankerpankreas6.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP